Jadilah Pendengar Yang Baik, 5 Tips Ini Bantu Anak Patuh Kepada Orangtua

Tatalaksana bersifat particular person yang dapat berbeda pada masing-masing anak. Hal ini disebabkan tatalaksana yang diberikan disesuaikan dengan aspek yang paling mengganggu dalam kehidupan sehari-hari dan tergantung dengan derajat keparahan. Berikut ini, tanda-tanda yang harus diwaspadai dan diperhatikan dalam mendeteksi anak dengan gangguan spektrum autisme.

Misalnya, anak harus dituntut untuk selalu mendapat nilai sempurna di sekolah karena hal tersebut dapat menimbulkan kesenangan atau kebanggaan pada diri orang tua. Dengan tertutupnya sikap anak akan membuat Anda semakin sulit memberikan nilai dan aturan yang harus perlu Anda terapkan. “Perhatian yang diberikan orang tua pada anak adalah penjagaan paling hebat untuk melindunginya dari bahaya dunia luar.”

Bila kebiasaan ini dilakukan, malah membuat si kecil merasa kesal dan takut terhadap Anda dan malah tidak ingin mendengarkan perkataan Anda. Anak hiperaktif perlu diberikan kasih sayang yang lebih agar dia percaya, merasa aman dan nyaman dengan orang tuanya dan mau mendengarkan kata kata orang tuanya. Anak-anak yang pernah mengalami “orang tua yang saling berteriak” dapat melihat adanya perbaikan dalam kehidupan mereka sehari-hari setelah perpisahan. Namun bagi anak-anak yang orang tuanya tidak memiliki masalah yang jelas, tetapi tetap berpisah, kejadian ini dianggap sebagai tragedi besar.

Cara agar anak mau mendengarkan kata orang tua

Sebagai orangtua, Anda tidak cuma mengajar atau mengarahkan, tapi memberi contoh yang baik dan benar. Karena di usia emas ini, si anak suka meniru orang-orang terdekatnya. Sejak dilahirkan hingga anak berusia 5 tahun merupakan usia emas atau disebut golden age. Di mana pada umur tersebut, otak anak tumbuh dan berkembang sangat cepat. ILUSTRASI – Trik sederhana yang bisa diterapkan orang tua agar anak mau mendengarkan. Trik sederhana yang bisa diterapkan orang tua agar anak mau mendengarkan.

Pada anak dengan usia sekolah, Anda bisa mengajarkannya membuat jadwal harian dan memberikan reward misal stiker pada kegiatan yang sudah dilakukan. Penerapan pola disiplin membentuk anak untuk menjadi pribadi yang mandiri. Orang tua diharapkan menjadi function model bagi anak dalam hal mendengarkan ketika anak sedang berbicara. Selain itu juga orang tua dapat melibatkan empati ketika sedang berbicara dengan anak. Komunikasi efektif merupakan hal yang penting dan kompleks bagi semua pihak. Penting bagi orang tua untuk menciptakan komunikasi terbuka dan efektif dengan anak demi terciptanya hubungan yang baik.