Pemanfaatan Media Sosial Dan Ecommerce Sebagai Media Pemasaran Dalam Mendukung Peluang Usaha Mandiri Pada Masa Pandemi Covid 19

Tentu pemakaian web menjadi lebih besar dibanding biasanya, alhasil kuota internet lebih cepat habis. Melihat dari kaca mata bisnis, Menurut Badan Pusat Statistik Pengguna internet juga mengalami peningkatan selama kurun waktu 2014 – 2018. Ide-ide kreatif pun bermunculan selama social distancing terjadi, salah satunya mencoba resep-resep camilan yang asik menemani waktu senggang di rumah. Berjualan rempah tradisional termasuk adalah pilihan usaha yang menguntungkan. pasti akan banyak orang yang minat terutama para orangtua yang dari dulu sudah percaya sama rempah-rempah.

Seperti kita ketahui dewasa ini, milenial sangat suka mencari perbandingan harga, fitur, program promo dan kualitas produk di beberapa e-commerce sebelum memutuskan membeli sebuah barang. Para milenial juga tidak segan untuk merekomendasikan e-commerce atau toko online Judi Online favorit mereka kepada komunitasnya. Untuk membuka usaha katering sehat, pastikan semua bahan makanan yang digunakan benar-benar segar, bersih, dan higienis. Buat juga berbagai pilihan menu yang bervariasi agar pembeli tidak mudah bosan dengan menu yang Sobat tawarkan.

Peluang usaha di masa pandemi

Peluang bisnis ini kemudian ditangkap oleh PLN melalui anak usahanya, PT Indonesia Comnets Plus (ICON+) dengan meluncurkan layanan mounted broadband internet untuk pelanggan di seluruh Indonesia bertajuk ICONNET. Pelatihan digital marketing tersebut juga sangat efektif dan efisien. Sebab, dalam kegiatannya langsung dilakukan pemberian materi dan praktek langsung.

“Kami mampu untuk mempekerjakan atau membuat suatu peluang usaha agar masyarakat tidak menganggur di masa pandemi ini,” katanya. Sebelumnya, perusahaan yang dipimpin oleh Saifudin tak bergerak di bidang alat kesehatan, namun sejak pandemi meluas, perusahaannya mulai memproduksi masker. Menurut Saifudin bisnis harus dilakukan secara rasional dan realistis, disesuaikan dengan keadaan. Memang banyak produsen pembuat cairan disinfektan, namun mereka sangat kewalahan untuk memenuhi permintaan pasar. Jika kita jelih melihat kondisi seperti saat ini, membuat dan menjual cairan disinfektan sendiri adalah salah satu usaha rumahan yang sangat menguntungkan.

Ini tentu menjadi peluang bisnis selama pandemi yang cukup potensial. Produsen jamu ini mengatakan bisnis mereka mengalami peningkatan penjualan sebesar 2-3 kali lipat sejak pandemi terjadi. Strategi yang dilakukan adalah menggenjot penjualan on-line dan memberikan layanan home delivery service.