Menu Close

Disebut Mustahil Masuk Ptn, Mahasiswa Ini Buktikan Lulus ‘cumlaude’

Awal mulanya, Tri tidak memberitahukan kedua orangtua untuk melanjutkan kuliah setelah lulus dari SMK tahun 2013. Itu lah, cara-cara yang bisa kamu coba kalau kamu berkeinginan untuk jadi mahasiswa Cum laude yang tentunya membuat bangga, nggak cuman diri kamu sendiri tapi juga orang tua kamu. “Ikhtiar menjalani, untung menyudahi”, Setidaknya tulisan ini bakal bantu membakar semangat kamu untuk terus berusaha mendapatkan hasil terbaik di dunia perkuliahan. Biasanya ada beberapa dosen yang suka memberikan tugas yang bersifat “sunnah”. Maksudnya, tugas yang nggak wajib, kalau kamu mengerjakan dan hasilnya baik kamu akan dapat poin ekstra.

Mahasiswa cumlaude

Althaf mau pun kedua orangtuanya pula biar berniat untuk menujukkan fakta bahwa bani dengan kebutuhan luar biasa bisa meraih pikiran yang diinginkan kalau mau membuka bangun. Akhirnya, melewati 4 tahun penuh persabungan, skripsi berjudul Konsekuensi Penambahan Bungkil Jintan Hitam Terhadap Sasaran dan Kecernaan Di dalam Domba Merino merekam pengakuan dari dosen-dosen penguji. Predikat Cumlaude berhasil didapatkan olehkarena itu nilai-nilai seluruh pacar kuliah yang diperoleh pemuda kelahiran 30 Januari 1995 tersebut nyaris sempurna. Karangan 2011 di tabloid mahasiswa Universitas Havard, Crimson bahkan merancangkan penghapusan gelar keluhuran atau gelar latin tersebut. Penghargaan Latin menurutnya mendorong siswa untuk melihat kualitas di luar penenangan mereka belajar. Di dalam akhirnya nilai sempurna akan menjadi unik tujuan dibandingkan kesempatan untuk eksplorasi moral.

Predikat cumlaude berdasar pada pencapaian Indek Prestasi Komulatif. Dalam Unesa, sesuai secara buku pedoman dengan berlaku, predikat cumlaude diberikan kepada praja yang memiliki IPK 3, 51 di atas, sehingga praja yang mencapai IPK 3, 51 datang 4 akan menyalin predikat cumlaude. Menarik nilai 3, 51 – 4, 00 cukup lebar, jadi peluang untuk menyalin predikat cumlaude amat besar. Di beberapa prodi atau haluan tertentu untuk meraih IPK 3, 51 tidaklah mudah. Dalam sebagian prodi ataupun jurusan lain, malahan sebaliknya, mahasiswanya secara mudah mencapai IPK di atas 3, 51.

Sebelum menerapkan pola mind map, banyak cara lain yang pernah dicoba Nadia. Mulai dari kenali pola belajar, pahami karakter dosen, hingga rajin mengikuti diskusi dan bergaul. Tugas mungkin tidak asing lagi bagi mahasiswa dan mungkin sudah menjadi rutinitas tersendiri buat mahasiswa.

Di sela kesibukanya bekerja, pria kelahiran 1982 ini memutuskan untuk melanjutkan kuliah S2. Adjat pun lulus cumlaude, hingga kemudian seorang dosen pembimbing menyarankannya untuk melajutkan S3 di Universitas yang sama, UNJ. Siedoo, Adjat Wiratma, anak petani asal Ciamis, Jawa Barat mewujudkan impiannya. Perjuangannya dalam dunia pendidikan berhasil meraih gelar doktor dari Universitas Negeri Jakarta. Putra/Putri terbaik/cumlaude dibuktikan dengan keterangan lulus cumlaude/pujian pada ijazah atau transkrip nilai.

Teman-teman bisa mengejar poin tambahan yang diberikan dosen dalam bentuk tugas/proyek. Mungkin tugas/proyek ini bersifat tidak wajib, tapi akan mendapat poin jika dikerjakan. Silahkan cari contoh dari teori yang sedang teman-teman pelajari, kemudian kaitkan dengan perkembangan isu sekarang.