Menu Close

Capricorn Dan 4 Zodiak Yang Pintar Mengelola Uang

Banyak hal yang harus Anda pertimbangkan jika ingin memulai bisnis atau usaha dengan berhutang. Alih-alih usaha lancar dan maju, Anda justru terjerat dengan tumpukan hutang yang akan mencekik leher. Bagi Anda yang memiliki kegiatan usaha terutama masih dalam masa rintisan, sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan modal dari hutang.

Saya tidak tahu, apakah anda seorang staff, supervisor, manager, General manager, atau direktur sekalipun, ketika ada tidak mengelola keuangan anda dengan baik, seberapa banyaknya uang anda, tetap akan habis. Hal itu karena manusia pada dasarnya tidak akan pernah puas dan selalu ingin mendapatkan lebih. “Loh, bukannya ia rajin menabung di bank dan menyisihkan gajinya? Tambah anda baca poin ini, semakin dikau penasaran kan hal strategi apa nun seharusnya dilakukan.

Alhamdulillah saya mendapat kesempatan menghadiri seminar yang diselenggarakanSinarmas MSIGyang bertajuk “Yuk, Atur Uangmu” dengan narasumber Mba Mike Rini Sutikno yang dikenal sebagai Financial Planner MRE. Dengan adanya proyeksi arus kas, Anda tahu, kapan akan menerima uang, kapan waktu untuk mengeluarkan uang, dan apakah anda akan memiliki uang cash atau tidak. Dengan adanya Catatan Arus Kas, kita bisa mengantisipasi, mencari cara sebelum terjadi minus. Salah satu solusi mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi kasir super dari GoBiz. Keunggulan dari penggunaan aplikasi ini untuk manajemen keuangan usaha Anda di antaranya adalah memonitor perkembangan omzet dengan mudah. Misalnya saja untuk perencanaan keuangan secara harian, mingguan, bulanan atau apalagi tahunan.

Semunya bisa kita mulai dari hal-hal yang sederhana terlebih dahulu nih yang bisa langsung kita terapkan. Ternyata banyak banget yang harus dipersiapkan untuk menuju kebebasan financial di masa depan. Cara kreatif untuk mendapatkan pemasukan tambahan bermacam-macam.

Belajar mengelola uang

Sebagai simulasi, duga saja Kawan SUPERIOR memiliki penghasilan Rp 5. 000. 000, – setiap bulannya. Jika 30% ongkos tersebut dialokasikan untuk menabung dan investasi, sudah ada Rp 1. 500. 000, – yang disimpan setiap bulannya. Untuk cicilan, misalkan hanya butuh 20% nya yakni Rp 1. 000. 000, – setiap bulan. Maka masih tersisa Rp 2. 000. 000, – yang bisa kamu pakai untuk keperluan harian kamu setiap bulan. Selain gaji bulanan, kamu mungkin mendapatkan bonus dan pendapatan tambahan. Sisihkan uang bonus dan pendapatan tambahan yang diperoleh ke dalam tabungan atau produk investasi.