Menu Close

Belajar Gaya Hidup Kepada Bangsa China

Faktor eksternal terealisasi dalam kondisi sekarang yang secara realita kultur terus berubah sebab masuknya budaya barat yang akan sukar mempertahankan kesopanan disemua keadaan ataupun disemua tempat. Perubahan itu mengalami dekadensi sebab berbedanya kebudayaan barat dengan kebudayaan kalian. Di barat, anak-anak yang sudah gede biasanya memanggil orang2 tuanya dengan julukan nama, tetapi dalam Indonesia sendiri seruan tersebut sangat tidak sopan karena orang uzur umurnya lebih uzur dari kita & kita harus memanggilnya bapak ataupun embuk. Kemudian sopan beradab dalam berpakaian, diluar negeri orang dengan berpakaian bikini dipantai bagi mereka galib. Tapi bagi kalian berpakaian seperti tersebut sangat tidak tahu aturan karena dianggap tak sesuai dengan sopan santun kesopanan.

Dalam keadaan seperti ini kita harus berusaha untuk menahan diri dengan bersabar. Bahwasanya surga itu adalah tempat yang salah satu ciri-ciri penghuninya adalah mereka yang dapat menahan marah. Bayangkan bagaimana kesabaran orang tua mengasuh kita sejak kecil hingga dewasa, sabar menghadapi kebandelan kita, sabar menasehati kita, dll. Jika orang tua memerintahkan uni hal kepada kalian, yang mana sesuatu tersebut dapat kalian jalankan, maka janganlah menolak atau memperlambat jika memang kalian tidak memiliki udzur dalam perkara itu.

Sementara tersebut, Ustaz Ahmad Zahrudin M. Nafis merekomendasikan untuk mengamalkan petuah Nabi Muhammad. Izinkan kesempatan pada si kecil untuk menimbulkan emosinya terlebih dulu, baru kemudian berkata atau memberi amanat. Kenali hal segala sesuatu saja yang memproduksi anak mudah tantrum agar Ibu bisa meredakan tantrumnya. Tegak, berharap supaya keturunan nurut ketika ia sedang tantrum adalah hal yang percuma ya, Bu.

Dengan persetujuan Anda, kami dapat mentransfer data pribadi Anda melintasi batas geografis ke entitas lain, asalkan mereka memastikan tingkat perlindungan yang sama dengan yang kami lakukan. XL Axiata mengambil langkah-langkah yang wajar untuk menjaga data pribadi Anda tetap akurat, lengkap, dan terbaru. Anda masih dapat menghentikan pengiriman surat elektronik (e-mail) promosi atau komunikasi XL Axiata lainnya dengan menghubungi kami pada detail kontak yang disebutkan di bawah ini. Pilihan ini tidak berlaku untuk penerimaan komunikasi produk atau layanan wajib yang dianggap sebagai bagian dari produk atau layanan XL Axiata tertentu, yang mungkin Anda terima secara berkala, kecuali jika Anda membatalkan produk atau layanan tersebut. Apabila Anda berumur dibawah usia 18 tahun, maka Anda berkewajiban untuk mendapatkan persetujuan orang tua atau wali Anda yang sah sebelum menggunakan jaringan, produk dan/atau layanan kami. Jika kami meminta Anda untuk memberikan informasi pribadi untuk mematuhi persyaratan hukum atau untuk memenuhi kontrak dengan Anda, kami akan menjelaskan hal ini saat pengumpulan informasi.

Melakukan semua hal di atas mungkin terdengar sulit dan melelahkan, tetapi Yakobus melanjutkan suratnya untuk meyakinkan kita tentang hadiah yang akan kita terima. Saat kita mendekati Tuhan dengan tangan yang bersih dan hati yang sudah disucikan, kita tidak sekadar menerima pujian. Kita menerima hadiah terbesar—Tuhan sendiri—saat Dia datang mendekat kepada kita. Terus terang saja, tunduk kepada Allah—baik kepada firman-Nya atau pribadi-Nya—lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Dibutuhkan komitmen yang besar untuk menyingkirkan keegoan kita dan hak-hak yang menurut kita sudah selayaknya kita dapatkan, demikian pula untuk taat kepada Tuhan dengan kerendahan hati. Mengakui kedaulatan Tuhan dan percaya bahwa Dia tak pernah gagal, bukan sesuatu yang gampang diterapkan.

Belajar untuk tunduk kepada yang lebih tua

Bila anak makbul melakukan sesuatu ataupun mentaati aturan dengan dibuat oleh orang2 tua di wisma, maka jangan khlaf berikan apresiasi ataupun pujian. Apresiasi itu yang membuat si kecil merasa termotivasi untuk patuh. Ia juga akan melaksanakan perintah orang uzur dengan rasa suka tanpa paksaan. Tatkala anak menolak ujar atau perintah orang2 tua, terkadang orang2 tua menjadi muram, marah, bahkan berteriak. Padahal, berteriak tak cara yang pasti supaya anak nurut dengan orang uzur lho, Bu.