8 Ideas Menyimpan Bahan Makanan Di Kulkas Supaya Gak Cepat Busuk

Hal yang perlu kamu ketahui, kamu harus memperlakukan sayuran dan buah-buahan dengan cara yang berbeda. Tempatkan bahan makanan beku sesuai jenisnya, lalu berikan label pada wadah. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah dalam mencari bahan makanan yang mau diolah karena tidak perlu lagi untuk membuka tutup wadah. Makanan mentah beku dapat dicairkan sekali dan disimpan di lemari es hingga 24 jam sebelum dimasak atau dibuang.

Harga-harga yang cenderung merangak naik biasanya membuat ibu-ibu belanja dalam kapasitas besar agar mendapat harga lebih murah. Karenanya perlu disimpan dengan benar agar tak rusak dan terbuang percuma. Bahan makanan harus disimpan dengan benar dan tepat agar tahan lama dan bisa dipakai sesuai batas simpannya. Menurut FAO sisa makanan yang diproduksi untuk konsumsi manusia mencapai 1,three ton per tahunnya. Dikutip dari waste4change.com Indonesia membuang 13 juta ton makanan per tahunnya.

Namun untuk beberapa jenis buah seperti pisang, baiknya tidak dimasukkan ke dalam lemari es. Selain bisa menghemat pengeluaran, menyimpan makanan yang sudah matang untuk dihangatkan kembali adalah cara praktis yang bisa menolongmu saat sedang terburu-buru. Namun, kamu juga harus memerhatikan beberapa hal agar kandungan nutrisi dan kualitas makanan sisa ini tetap terjaga, serta tidak memicu penyakit. Menyimpan makanan dalam kaleng dengan wadah yang sudah terbuka rentan busuk terlebih lagi untuk makanan basah.

Menyimpan makanan dalam wadah tertutup kedap udara atau plastic adalah kuncinya. Kemudian simpan di dalam lemari pendingin dengan suhu di bawah 5 derajat celsius. Makanan rata-rata bisa bertahan hingga beberapa hari sampai satu minggu jika disimpan di chiller.

Makanan kaleng yang pertama dibeli dan disimpan sebaiknya dikonsumsi terlebih dahulu. Jangan lakukan sebaliknya, karena bisa membuat makanan kaleng tidak layak dikonsumsi. Selain itu, karena panas, suhu di dalam kaleng akan mulai meningkat dan menjadi lingkungan yang bagus bagi mikroorganisme untuk berkembang biak. Proses oksidasi bisa membuat mikroorganisme masuk ke dalam kaleng dan membuat makanan di dalamnya menjadi rusak. Proses oksidasi terjadi akibat dapur yang lembap atau kalengnya basah. Buah dan sayuran segar seringkali harus melalui perjalanan panjang hingga sampai ke tangan pembeli.

Cara menyimpan makanan dengan tepat

Pastikan bahan makanan disimpan dalam toples rapat dan terpisah juga agar tidak mengundang semut ataupun kecoa! Jika ada kecoa yang datang, segera terapkan cara membasmi kecoa agar tidak menjadi sumber penyakit. Paling penting dalam menyimpan bahan makanan di kabinet adalah mengetahui bagian mana yang gelap, terang, panas dan dingin. Untuk beras kamu bisa menyimpannya di wadah yang tertutup tanpa harus dimasukkan ke dalam kulkas. [newline]Atur rak makanan dengan rapi, dan pakailah metode FIFO dimana suplai bahan makanan yang masuk pertama sebaiknya dikonsumsi paling pertama pula. Jadi setiap kali memasak, keluarkan seluruh bahan makanan beku dari wadah langsung. Hal tersebut tentu bisa menjamin kesegaran dan kualitas bahan makanan karena terhindar dari kontaminasi bakteri.

Sebaiknya tidak mencuci sayuran ketika dimasukan ke kulkas sampai Anda benar-benar menggunakannya. Pastikan untuk menyimpan barang-barang itu dalam wadah kedap udara atau dibungkus plastik dengan erat agar tetap segar dan juga untuk mencegah bau dan rasa dari makanan lain. Terlalu banyak menyimpan makanan akan membuat sirkulasi udara Slot Online tidak cukup baik untuk menyimpan sisa makanan dalam kondisi prima. Namun, menyimpan makanan mentah di dekat makanan yang dimasak di lemari es juga memprihatinkan. Ini dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan jika dikonsumsi, jadi pastikan Anda meletakkan daging mentah di salah satu rak bawah untuk pengaturan kulkas yang tepat.

Jika Kredit Pintar menyimpan beberapa jenis makanan, pastikan untuk mengkonsumsi makanan yang paling lama. Ikuti hukum “first in, first out” agar makanan tidak terlanjur basi. Agar tidak terlalu banyak memakan ruang, biasanya banyak orang yang memilih untuk menyimpan buah dan sayur dalam satu tempat. Sebab semakin lama terkena panas, nutrisi dalam makanan akan semakin berkurang. Mungkin kamu pernah bertanya-tanya, apakah aman dan sehat menghangatkan makanan yang sudah disimpan di dalam kulkas?

Beralih ke bumbu basah atau bumbu dasar merah, putih, dan kuning. Penyimpanan bumbu jenis ini berbeda dengan bumbu yang masih utuh. Setelah bumbu digiling hingga halus, bumbu dasar harus dimasak terlebih dahulu. Proses pemasakan membuat kandungan air dalam bumbu basah berkurang, sehingga bisa lebih tahan lama bisa disimpan.

Bila berencana mengonsumsinya dalam beberapa hari ke depan, maka cukup simpan di laci kulkas. Namun, bila akan mengonsumsinya dalam jangka waktu lebih lama, maka sebaiknya simpan di freezer. Namun, yang menjadi masalah adalah seringnya kita membeli bahan makanan bukan untuk diolah sekarang. Melainkan, untuk diolah keesokan harinya, bahkan memang sengaja disimpan agar tidak ribet bolak-balik supermarket atau pasar tradisional untuk membelinya. Tanpa disadari, kebiasaan seperti ini bisa membuat cita rasa masakan menjadi kurang enak dan salah-salah bisa membuat penghuni rumah menjadi sakit. Produk-produk dairy seperti keju, yogurt, susu, krim biasanya dijual dengan pembungkus yang didesain khusus untuk produk tersebut.