Menu Close

6 Tips Mengoperasikan Uang Agar Segera Kaya

Janganlah menghambur-hamburkan uang meskipun saldo kas Anda terlihat masih banyak. Tanpa menggunakan perencanaan yang baik, maka akan cepat diri Anda berada ke dalam keadaan kekurangan dana. Sesuaikanlah antara target penjualan dan penerimaan kas dengan rencana pengeluaran. Urungkan rencana untuk belanja modal apabila hal tersebut tidak memberikan manfaat dalam peningkatan pendapatan. Pada saat ini, rata-rata seorang pengusaha lebih tertarik dengan ide-ide bisnis untuk usaha mereka dan menganggap manajemen dalam mengelola keuangan merupakan hal yang nanti akan berjalan dengan sendirinya.

VIVA – Sekretaris Pribadi Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Amiril Mukminin mengungkapkan bahwa Edhy Prabowo memang menyimpan uang Rp7-10 miliar dalam bentuk cash di kediaman pribadinya. Kartu kredit ini jika Sobat Zona tidak bijak dalam menggunakannya, maka akan terlilit utang. Nah, agar tidak terjadi pada kita, maka lebih baik menggunakan uang tunai untuk transaksi sehari-hari, dengan begitu arus pengeluaran dan pemasukan pun terkontrol. Misalnya dengan menuliskan tujuan menabung untuk traveling, membeli mobil, dan lain sebagainya.

Pada saat menghitung keuntungan ini, pastikan semua biayanya sudah dihitung. Maka dari itu Anda harus membayar tepat waktu untuk menghindari adanya biaya denda tersebut. Hal ini penting untuk diperhatikan agar keuangan perusahaan dapat stabil dan bisa digunakan judi online untuk keperluan lainnya. Dengan demikian, manajemen keuangan akan lebih mudah dikontrol dan digunakan untuk keperluan penting di kemudian hari dan untuk mengembangkan usaha. Bisa saja, uang dari hasil usaha Anda gunakan untuk keperluan pribadi.

Cara mengelola uang

Mencatat pemasukan dan pengeluaran rutin Jonathan lakukan untuk mengetahui keadaan finansial. Kini, pencatat keuangan pun semakin mudah dengan inovasi Moneytory dari Jenius. Content creator dan influencer, Jonathan End mengatakan sebelum membuat anggaran keuangan, Jonathan biasanya akan membuat goal atau tujuan terlebih dahulu. “Jadi harus tahu dulu uang yang akan dikeluarkan per-bulannya, ” ujarnya dalam acara virtual Peluncuran Inovasi Terbaru Jenius. Pendekatan yang baik untuk mengajar anak-anak tentang mengelola uang yang dapat dilakukan adalah dengan meminta mereka menyisihkan uang angpao Imlek dan menetapkan tujuan penggunaan uang tersebut.

Jika mampu, gunakan sistem komputer untuk memudahkan proses pencatatan. Dan lebih super lagi jika anda bisa menerapkan sistem akuntansi yang memadai, sehingga bisa menampilkan laporan keuangan usaha, minimal dalam bentuk neraca dan laba/rugi. Tidak jarang pula kelalaian dalam memenuhi keperluan pribadi sedikit demi sedikit juga menggerogoti kas uang usaha. Mungkin karena usaha masih kecil, anda berpikir tidak masalah jika mencampur uang usaha dengan uang pribadi. Dengan mempelajari beberapa prinsip dasar manajemen keuangan, maka setidaknya anda akan bisa mencoba untuk mengatur laju keuangan usaha sendiri tanpa harus merekrut ahlinya. Inilah keuntungan jika kamu menyewa tempat tinggal yang dekat dengan fasilitas umum.

Maka dari ini, ubah kebiasaan guna selalu menggunakan duit tunai untuk transaksi sehari-hari. Jika akan lebih efisien, Dikau bisa menggunakan tiket debit atau duit elektronik berupa e-money / Flazz atau Brizzi / TapCash. Pastikan kartu volume atau uang elektronik yang kalian gunakan benar-benar sudah dibatasi nominalnya untuk penggunaan sehari-hari, sehingga memang ialah kartu yang tidak sama dari kartu perkiraan khusus menabung.